Ukuran pH Air yang Baik Untuk Konsumsi

pH Air Yang Baik Untuk Konsumsi

Kadar pH air adalah faktor yang perlu dipertimbangkan dalam air yang kita konsumsi sehari-hari. Air merupakan komponen yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Tubuh manusia hampir seluruhnya mengandung air. Tak heran apabila dalam kesehariannya, manusia tak dapat lepas dari peran air. Dalam pelaksanaannya, air dalam tubuh manusia memiliki pH normal berkisar antara 6.5 – 8.5. Air dalam tubuh manusia ini tidak hanya menempati ruang dalam tubuh, melainkan juga membantu daya kerja organ didalamnya.

Seperti enzim pada tubuh manusia, beberapa besar enzim akan memproses dan berfungsi dalam tubuh pada rentang pH di antara 6.5 – 8.5. Yang artinya, enzim dalam tubuh akan bersinergi dengan kadar pH air dalam tubuh, sehingga proses atau daya kerja organ bisa berjalan optimal dan lancar. Oleh dari itu, banyak dokter memberi anjuran untuk mengkonsumsi air putih yang mempunyai kadar pH di angka 6.5 – 8.5. Lalu, bagaimana sistem menaikkan atau menurunkan pH dalam air supaya dapat menempuh pH normal? Berikut uraiannya:

 

Menaikkan dan Menurunkan pH Air

Kadar pH air memang penting untuk tubuh. Bukan cuma berfungsi untuk menyegarkan saat dahaga, pH air juga berfungsi untuk menolong fungsi kerja organ dalam tubuh. Dalam perkembangannya, Banyak air minum yang dikonsumsi oleh manusia mempunyai  kandungan pH yang tak cukup. Ada sebagian  air yang mempunyai pH dibawah normal atau pun melebihi pH air yang diperlukan oleh tubuh. Oleh sebab itu, berikut ini akan dibahas mengenai sistem menaikkan dan menurunkan pH dalam air.

 

kadar pH air
kadar pH air

 

  1. Menaikkan pH Air

Untuk menaikkan pH dalam air, dapat dilaksanakan dengan 2 metode, yakni dengan metode kimiawi dan non kimiawi. Pada metode non kimiawi, Anda dapat menggunakan batu kapur atau batu karang yang jumlahnya disesuaikan dengan pH air diawal. Tipe bebatuan seperti in tidak gampang surut atau rapuh terkena air. Cara ini dapat  menaikkan kadar pH dalam air.

Metode menaikkan pH air secara kimiawi dapat dilaksanakan dengan menambahkan soda ash pada bak penampungan air. Sama seperti pada pemakaian bebatuan, banyaknya soda ash yang ditambahkan pada bak penampungan dapat disesuaikan dengan kadar pH air sebelumnya.Semakin rendah kadar pH air maka semakin banyak pula soda ash yang dimasukkan. Progres penambahan bahan ini memakan waktu sekitar 3-7 hari, sampai kadar pH air benar-benar naik.

  1. Menurunkan pH Air

Seringkali kita mengamati fenomena sampai bermacam media membeberkan bahwa kadar pH air yang tinggi baik untuk dikonsumsi oleh tubuh. Sedangkan, pada kenyataannya pH air yang berada diatas normal 6.5 – 8.5 bisa menekan kinerja enzim dalam tubuh. Itu artinya, pernyataan mengenai tingginya pH dalam air baik untuk dikonsumsi itu adalah salah.

Untuk menurunkan kadar pH air yang tingginya diatas normal, Anda bisa menggunakan tawas sebagai media atau bahannya. Tawas  tak hanya menjadi penjernih air yang keruh atau kecoklatan. tawas juga dapat menurunkan kadar pH air yang tinggi. Dalam penggunaanya, Anda bisa menambahkan tawas kedalam air yang akan Anda konsumsi. Diamkan tawasa dalam air beberapa hari sehingga pH air akan turun sesuai dengan jumlahnya.

Metode pengontrolan pH air di atas sangat cocok untuk dilakukan dirumah. Anda juga dapat menghubungi zam.zam supplier air bersih  sebagai perusahaan pengolah air untuk membantu Anda mengontrol pH air menjadi normal dan layak untuk dikonsumsi. Tak cuma air dalam jumlah yang kecil, air dengan jumlah yang besar dapat diolah sedemikian rupa sehingga menjadi air dengan kandungan mineral dan pH yang baik untuk tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *